Rabu, 28 Oktober 2009

Perilaku Konsumen

MOTIVASI

DESAIN MOBIL DAN GAYA HIDUP MASYARAKAT KOTA DI INDONESIA

"Saat keunggulan enjiniring sudah tidak lagi menjadi segalanya dalam industri otomotif, maka desain produk muncul sebagai panglima dan ujung tombak industri dalam mempersuasi konsumen untuk memenuhi segala kepuasan, imaji dan gaya hidupnya melalui sebuah mobil dengan membelinya."

Kehidupan Modern Masyarakat Kota yang Memanjakan

Gaya hidup modern mempengaruhi mayoritas masyarakat Indonesia yang tinggal di perkotaan. Perkembangan teknologi mencapai titik dimana segala hal dituntut untuk dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Berbagai kebutuhan masyarakat kota yang berhubungan dengan transportasi, komunikasi dan aktivitas kerja sehari-hari bahkan hingga hiburan pun dituntut untuk dapat memuaskan hasrat penggunanya semaksimal mungkin dan se-instant mungkin. Kecenderungan tersebut bahkan semakin berkembang ke arah gaya hidup penikmat yang semakin membuat orang ingin melakukan segala sesuatunya secara instant dan serentak dalam tingkat kenyamanan.

Audi A5: Mobil Baru yang Mewah namun Sporty

Audi A5, merupakan model yang mempesona untuk menandai langkah awal Audi di segmen gaya hidup. Audi A5 berhasil memadukan bahasa desain Audi dengan performa berkendara. Memadukan kehalusan karakter kualitas Audi serta keanggunan. Desain yang progresif memberikan tampilan yang anggun dan elegan untuk mobil jenis coupe. Dilengkapi mesin 3.2 FSI yang sangat bertenaga, persneling dengan presisi tinggi yang dibangun khusus untuk mobil ini serta dilengkapi fitur-fitur inovatif dan mewah, Audi A5 dirancang untuk menjadi grand tourer sejati, touring coupe terbaik.

“Audi A5 diharapkan dapat mengisi segmen pasar gaya hidup di dunia otomotif yang sebelumnya sudah diisi oleh Audi TT,” Audi A5 merupakan gambaran yang jelas dan unik dari unsur sporty dan anggun. Pada saat yang sama, A5 menawarkan pengalaman berkendara gaya Audi dengan performa dinamis dan kenyamanan yang luar biasa.

Desain

Audi A5 “speaks for itself” – desain A5 mengambil bahasa desain Audi progresif dan stylish ke tingkat yang lebih tinggi. “Audi A5 adalah mobil terindah yang pernah di rancang”, Sporty, keanggunan, dan performa dinamis merupkan karakter yang dimiliki seluruh model Audi saat ini. Sebenarnya, Audi A5 sangat kaya dengan elemen “genetic code” Audi. Desain A5 sendiri sangat memperjelas pernyataan tersebut. Proporsi coupè, ditunjukkan dengan dudukan (sudut) yang rendah dan lebar, overhang depan yang rendah serta transisi panjang dan landai mulai pilar C hingga bagian belakang.

Interior

Interior, merupakan bagian yang memberikan interaksi langsung antara pengendara dan mobilnya. Ditambilkan dengan desain yang ergonomis dan fungsional. Dengan materi (bahan) pilihan kualitas tinggi tipikal Audi. Atmosfir depan sangat nyaman, walaupun untuk perjalanan jauh sekalipun, itulah kunci dari interior Audi A5 – kenyamanan.

Promosikan Audi A5 untuk Meningkatkan Penjualan

Jika anda sebagai eksportir, retailer ataupun wholeseller, bahkan importir, maka promosikan produk anda di lahan yang tepat, niscaya terjadi peningkatan penjualan. Pasti penjual tidak ingin produknya berada di gudang terus menunggu pembeli yang datang. Kadang-kadang penjual selalu memperbanyak produk yang paling laku dipasaran. Karena hal itu sudah terbukati di penjualan. Jadi untuk mengetahui dengan cepat potensi penjualan produk kita, lakukan segera promosi yang tepat yaitu:

1. Buatlah showroom

Showroom sangat menentukan pembeli untuk membeli ataupun tidak produk yang ditawarkan jika pembeli itu mendatangi penjual. Showroom yang baik, selalu tertata rapi dengan warna-warna yang cerah, tidak terkesan gelap.

2. Pameran

Pameran bisa dilakukan di dalam negeri ataupun di luar negeri. Akan tetapi lebih baik dilakukan di luar negeri. Hal itu memudahkan bagi pembeli untuk melihat secara langsung kualitas produk yang diminati oleh pembeli. Akan tetapi pameran di dalam negeri pun penting, karena kemungkinan berkumpulnya penjual lebih banyak, sehingga pembeli berfikir lebih baik datang ke pameran di negara tsb supaya bisa mendapatkan informasi lebih banyak.

Pemasaran

Pemasaran yang baik memerlukan banyak energi, kreativitas dan biasanya anggaran yang besar. Sebaliknya, layanan konsumen yang baik sering kali jauh lebih sederhana dan memerlukan biaya yang jauh lebih sedikit!

Berikut ini tips sederhana untuk memberikan layanan kepada pelanggan dengan lebih baik:

1. Tersenyumlah Senyum sangatlah mudah dan penting.

2. Ulangi permintaan pelanggan.

3. Lakukan pengecekan ulang.

4. Pusatkan perhatian pada pelanggan.

5. Ajukan pertanyaan-pertanyaan.

6. Jawablah dengan kalimat lengkap.

7. Berikan perhatian kepada anak-anak.

8. Berikan layanan ekstra.


Kepuasan konsumen

Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. Jadi tingkat kepuasan adalah fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan.

Kepuasan pelanggan sepenuhnya dapat dibedakan pada tiga taraf, yaitu:

1. memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar pelanggan

2. memenuhi harapan pelanggan dengan cara yang dapat membuat mereka akan kembali lagi

3. melakukan lebih daripada apa yang diharapkan pelanggan

Cara sederhana yang digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan, yaitu:

a. Sistem Keluhan dan Saran

b. Survei Kepuasan Pelanggan

c. Ghost Shopping (Pelanggan Bayangan)

d. Analisa Pelanggan yang Beralih.

Referensi: http://www.folderbiz.com/News/tabid/661/articleType/ArticleView/articleId/95/Default.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar